Analisis Dan Pengembangan Modul Pembelajaran Akuntansi Dengan Menggunakan Aplikasi Lumi
Kata Kunci:
Learning Module, LUMI, Research and Development, ADDIEAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dan mengembangkan modul pembelajaran akuntansi berbasis digital menggunakan aplikasi LUMI, dengan tujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran. Mengingat perkembangan teknologi dan era digital, modul ini dikembangkan dengan tujuan untuk menyediakan media pembelajaran yang interaktif dan adaptif yang dapat memenuhi kebutuhan peserta didik yang terus berkembang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan Research and Development (R&D), yang didasarkan pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Untuk mengidentifikasi kebutuhan pembelajaran, dilakukan tahap analisis, setelah itu modul dirancang sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Proses pengembangan modul memerlukan pembuatan konten yang menarik yang menampilkan kemampuan aplikasi LUMI, termasuk kuis, video edukasi, dan simulasi akuntansi. Modul tersebut kemudian diimplementasikan di beberapa kelas untuk menguji efektivitasnya, dan tahap evaluasi dilakukan melalui umpan balik dari siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi LUMI dalam modul pembelajaran akuntansi berpotensi untuk meningkatkan motivasi siswa dan memperkaya pengalaman belajar melalui media yang lebih dinamis dan mudah diakses. Evaluasi akhir menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan telah memenuhi kriteria efektivitas, efisiensi, dan daya tarik visual, dan oleh karena itu direkomendasikan untuk dipertimbangkan untuk diterapkan lebih luas dalam proses pembelajaran akuntansi di berbagai lembaga pendidikan.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal APPATASI (Aktuaria, Perbankan, Perpajakan, Teknisi Akuntansi dan Sistem Informasi)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.