Pelatihan Pembuatan Modul Interaktif Akuntansi Menggunakan Aplikasi Lumi Bagi Guru SMK Yang Tergabung Dalam MGMP Akuntansi Jakarta Timur 2025
Kata Kunci:
Modul Interaktif, Akuntansi SMK, E-Modul, Accurate, LUMI, Kurikulum Merdeka, Simulasi AkuntansiAbstrak
Pengembangan modul interaktif berbasis aplikasi untuk pendidikan akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menjadi semakin penting dalam meningkatkan kompetensi guru dan siswa agar dapat bersaing di dunia industri. Studi ini menganalisis berbagai literatur terkait pengembangan modul interaktif yang mengintegrasikan perangkat lunak akuntansi, seperti Accurate dan MYOB, serta pendekatan digital berbasis e-modul dan multimedia interaktif dalam pembelajaran akuntansi di SMK. Hasil analisis menunjukkan bahwa mayoritas penelitian berfokus pada pelatihan guru dalam penggunaan perangkat lunak akuntansi melalui simulasi praktis, sementara beberapa studi mengembangkan e-modul berbasis ADDIE, Rowntree, dan multimedia interaktif untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa. Namun, tidak ada penelitian yang secara eksplisit mengadopsi platform adaptif seperti LUMI atau memastikan keselarasan langsung dengan Kurikulum Merdeka. Hal ini menunjukkan adanya peluang besar untuk mengembangkan modul interaktif berbasis LUMI yang memungkinkan personalisasi pembelajaran, analitik berbasis data, dan adaptasi materi sesuai dengan kompetensi guru dan siswa. Dengan integrasi yang lebih kuat terhadap kebutuhan industri dan standar pendidikan nasional, pengembangan modul interaktif berbasis teknologi dapat lebih efektif dalam mempersiapkan lulusan SMK untuk dunia kerjaUnduhan
Diterbitkan
2025-09-01
Terbitan
Bagian
Artikel
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal APPTASI (Aktuaria, Perbankan, Perpajakan, Teknisi Akuntansi dan Sistem Informasi)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.