Dampak Artificial Intelligence terhadap Sistem Informasi Akuntansi dan Degradasi Keterampilan Profesional di Lingkungan Pendidikan dan Industri

Penulis

  • Safri Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma

Kata Kunci:

Akuntansi, degradasi keterampilan, kecerdasan buatan, sistem informasi akuntansi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memetakan secara sistematis bukti empiris mengenai perubahan keterampilan akuntan pasca-implementasi ML/genAI dalam AIS, mengidentifikasi celah metodologis dan substantif dalam pengukuran transformasi atau degradasi keterampilan, serta merumuskan agenda penelitian masa depan. Melalui pendekatan Systematic Literature Review (SLR) terhadap 10 studi empiris terkini (2019–2025), ditemukan bahwa sebagian besar bukti masih bersifat perseptual—berbasis survei, wawancara, atau analisis iklan pekerjaan—dan tidak mengukur secara langsung perubahan keterampilan individu. Tidak ada penelitian yang menggunakan desain pra-pasca, eksperimen lapangan, atau pengukuran objektif seperti log data atau penilaian kinerja terstruktur (OSPA). Temuan menunjukkan kesenjangan besar dalam bukti perilaku dan kausalitas: meskipun terjadi pergeseran tugas dari aktivitas rutin ke peran analitis dan strategis, belum ada bukti kuat bahwa keterampilan tingkat lanjutan seperti penilaian profesional, etika, dan komunikasi benar-benar berkembang atau terdegradasi. Oleh karena itu, penelitian ini menekankan perlunya desain longitudinal, eksperimen terkontrol, dan pengukuran objektif untuk memvalidasi dampak AI terhadap keterampilan akuntan, serta mendukung pengembangan kebijakan pendidikan dan profesi yang berbasis data.

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-01